Follow Us:

wijeung sumping

punten admin na nuju nyaba ka bulan heula

Launching
comeback
launchpad

Jumat, 17 Mei 2013

Desa Cibolang Kaler Pemasok Ikan

Liputan6.com, Sukabumi: Meningkatnya permintaan ikan konsumsi tentu membuat kebutuhan bibit ikan untuk dibesarkan oleh petani atau pembudidaya pembesaran ikan. Permintaan bibit ikan pun melonjak tajam. Sayang tingginya permintaan tak diimbangi pasokan bibit dari pembibit yang tersebar di sejumlah daerah.

Salah satu sentra pembibitan ikan adalah Desa Cibaraja, Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat. Cibaraja saat ini menjadi salah satu penyuplai bibit ikan terbesar di Jabar. Dalam sehari, jutaan ekor bibit ikan air tawar khusus emas dan nila dibawa ke luar daerah untuk dibudidayakan lebih lanjut oleh petani.

Di pasar ikan Cibaraja perputaran uang dari jual beli bibit mencapai jutaan rupiah per hari. Saat ini harga ikan sedang naik. Faktor cuaca mempengaruhi hasil budidaya petani tradisional dan masih tingginya permintaan membuat harga jual bibit ikan naik mulai dari Rp 5.000 hingga 10 ribu per kilogramnnya.

Selain ikan konsumsi, Pasar Cibaraja juga menjadi salah satu sentra bibit ikan hias khususnya koi. Bibit koi hasil budidaya petani lokal menjadi salah satu primadona di pasar ikan Cibaraja. Pasalnya ikan koi petani lokal memiliki kualitas yang baik dengan tentunya harga yang relatif murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar