Follow Us:

wijeung sumping

punten admin na nuju nyaba ka bulan heula

Launching
comeback
launchpad

Jumat, 17 Mei 2013

BKM AL FATA

Asslamu'alaikum.... selamat siang, dan salam kenal dari kami BKM AL-FATA Desa Cibolangkaler Kec.Cisaat Kab.Sukabumi, sebagai Lokasi Lama di dalam P2KP-PNPM-MP.
kami mau mempertanyakan tentang tindaklanjut Program Istisna'a, yg beberapa bulan yang lalu sempat di kondisikan dgn tergesa2 oleh tijm Faskel kami. yang meminta kami agar membentuk KSM/ Proposdal utk kegiatan Fisik, utk diajukan pada Program Bantuan dari Istisna'a dgn pagu Anggran sebesar Rp.50.000.000 per Desa. namun sampai saat ini, belum ada kabarnya lagi.
selain itu pula kami pun sampai saat ini masih belum Merealisasikan BLM Tahap 2 & 3 TA.2009, entah apa dan kenapa .... kami hanya beberapa bulan yg lalu dpt penjelasan dari Tim FAskel / Korkot, bhw dana BLM TA.2009 Tahp 2 & 3 khususnya di wilayah Kec. Cisaat akan terRealisasi pada sekitar bulan Mei 2011 ini. sampai saat ini ada kabar lagi dari Tim Faskel bhw sekarang sedang di lakukan Pemberkasan.... ? tapi belum ada kepastian kapan persisnya akan Realisasi. padahal itu sudah tertunda sampai 2 tahun. dan yang jadi kerepotan kami, manakala banyak pengaduan/pertanyaan dari warga /para KSM yang telah dibentuk.
maka melalui forum ini, kami mohon agar mendapat penjelsan yg akurat/faktual, tentang 2 persoalan kami diatas tadi.
atas perhatian dan jawabannya kami ucapkan terimakasih.
wassalam. :(

Tanggapan 1.
Pertanyaan
PPM P2KP, 5/23/2011 4:03:34 PM
Wa alaikum Salam Warahmatullah Wabarokatuh,

Anggota BKM -Alfata ysh,

Berikut jawaban atas pertanyaan Bapak/ Ibu sekalian atas pertanyaan yang disampaikan. Setelah melakukan koordinasi dengan Team Leader KMW Propinsi Jawa-Barat, kami mendapatkan keterangan/ informasi sebagai berikut :

Ds. Cibolang Kaler memang tidak dicairkan dana BLM tahun 2009 karena keterbatasan dana DIPA tahun anggaran 2009 dan dengan kinerja yang tidak memadai. Dana yang terbatas tersebut dialokasikan bagi kelurahan/ BKM yang memiliki 'Kinerja Memadai' dan "Sangat Baik'.
Namun tahun 2011 ini sudah teralokasikan sebesar 50 juta, tetapi pencairan dana tersebut menunggu aturan penggunaannya.

Demikian jawaban atas pertanyaan yang disampaikan, semoga bermanfaat.

Tim PPM
PNPM Mandiri Perkotaan

Tanggapan 2.
Pertanyaan
Bkm-Alfata Cikal, 5/23/2011 7:39:17 PM
Kami mengerti & faham atas jawaban dan penjelasan yang disampaikan..., namun alangkah bijak nya kalau penjelasan tersbut kami dapatkan tanpa harus kami minta dari pihak Tim Faskel/Korkot yang ada diwilayah kami sejak 2 tahun atau minimal 1 tahun lalu. sehingga kami pun dpt menyampakannya pada warga/para KSM yang sudah hampir jemu pada keberadaan kami. walaupun sebenarnya persoalannya berada di seputar masalah mereka dan kami sendiri, yang tidak / belum mampu utk secara optimal memberi penyadaran tentang bagaimana terkaitnya Persoalan Pinjaman Ekonomi Bergulir yg hingga kini masih hampir 80% macet di Warga/KSM Ek.Ber Desa kami (walaupun saat ini, setelah adanya pergantian Kepengurusan BKM maupun UPK & Sekret.nya sedang menuju ke arah perbaikan) namun mereka 'para warga' seolah-olah tidak/belum mengerti akan hal tersebut....
dan perlu kami sampaikan bhw hari ini (tadi siang) kami baru saja menyelesaikan Pemberkasan BAPPUK Pencairan/Pemanfaatan BLM Tahp 2 tsb. walupun di Form tersebut tertulis sebagai BLM dari Pagu Anggaran TA.2011 (bukan TA.2009) yang sejak dulu belum terrealisasi juga. dengan di fasilitasi oleh Tim Faskel & PJOK Kec.Cisaat. walau demikian adanya kami berharap BLM tsb akan segera Cair dan Nangkis /dan PJM renta ke 3 yang termuat dlam PJM Pronangkis Th. 2009 - 2011 akan segera dapat terrealisasi, demi warga dan demi keberlangsungan Program kami. atas jawaban tentang BLM tsb kiranya kami cukup puas. tapi atas pertanyaan yang satu lagi tentang Istisna'a, kami belum mendapatkan jwabannya... bagaiamana....? atas tanggapan/Jawaban dan Penjelasannya, kami haturkan terimakasih. dan kami mohon do'a restu serta dukungannya, karena kami atasnama Komunitas BKM / PNPM di Wilayah Kec.Cisaat Kab.Sukabumi, telah berencana akan menyelenggarakan kegiatan Bazar PJM dalam rangkaian HUT BKM se-Kecamatan Cisaat. yang waktu nya insy'Allah pada bulan September yang akan datang. semoga ini akan menjadi titik terang bagi kebangkitan dan keMandirian kami ke depan.... Salam Pemberdayaan.:s
Tanggapan 3.
Pertanyaan
PPM P2KP, 5/24/2011 5:29:04 PM
Anggota BKM Al-fata ysh,

Mohon maaf, terlewat berkaitan dengan Istisna'a merupakan jenis bantuan/loans dari Islamic Development Bank (IDB) yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2009. Berkaitan dengan pendampingan proposal oleh fasilitator yang dilakukan pada saat itu, untuk mengumpulkan usulan masyarakat yang terdapat dalam Rencana Tahunan BKM yang dialokasikan setiap tahunnya. Sehubungan, BKM Al-fata tidak memenuhi syarat tersebut sehingga alokasi tersebut tidak diperoleh.

Bapak/ Ibu anggota BKM Al-fata yang kami banggakan, BLM bukan merupakan satu-satunya dana yang dapat menggerakkan kegiatan/ rencana BKM tetapi hanya berupa bantuan stimulan untuk menggerakkan individu, kelompok dan masyarakat untuk bersama-sama peduli dan membangun daerahnya dalam penangggulangan kemiskinan.sehingga kami sanggat bergembira apabila BKM Al-fata Desa Cibolangkaler dapat bangkit dan bersatu padu serta bergotong-royong mengatasi kemiskinan dengan menggunakan potensi yang ada di lingkungan masyarakatnya.

Demikian disampaikan atas pertanyaannya, semoga menjadi lebih jelas.Terima kasih.



Tim PPM
PNPM Mandiri Perkotaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar